11 Keterampilan Kerja yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2024 (dan Cara Mengembangkannya)

Menurut analisis LinkedIn terbaru, beberapa keterampilan kerja yang paling dibutuhkan pada tahun 2024 adalah “keterampilan orang”, yang semakin penting seiring dengan berkembangnya peran AI, otomatisasi, dan terobosan teknis lainnya. Meskipun keahlian yang tepat akan berbeda dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya, keahlian yang tercantum dalam laporan ini sebagian besar dapat diterapkan di seluruh industri dan profesi.
Namun, memahami pentingnya keterampilan komunikasi tidak sama dengan memahami cara membangun keterampilan tersebut. Itulah sebabnya, selain 11 kemampuan yang paling banyak dibutuhkan, saya telah memberikan saran ahli tentang cara meningkatkannya.

Komunikasi

Brittany Dolin, salah satu pendiri Pocketbook Agency, sebuah bisnis tenaga kerja di Los Angeles, menyarankan bahwa untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mengomunikasikan pandangan dan ide Anda sendiri, Anda harus terlebih dahulu meningkatkan kemampuan mendengarkan aktif Anda. “Hal ini meningkatkan pemahaman, membantu membangun hubungan, dan memungkinkan Anda untuk merespons secara lebih efektif dalam percakapan di tempat kerja.”
Bahkan pembicaraan santai dengan rekan kerja atau orang lain yang Anda ajak bicara di siang hari memberikan kesempatan untuk melatih keterampilan komunikasi, seperti menyampaikan pesan dengan jelas dan ringkas, dan memastikan bahwa semua orang yang terlibat memahami hasilnya-termasuk langkah selanjutnya. Stephanie Licata, ahli strategi pembelajaran Cloverleaf, merekomendasikan agar Anda mendekati manajer Anda atau anggota tim lainnya untuk mendapatkan kesempatan memimpin rapat dan berpartisipasi dalam presentasi untuk “menumbuhkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi dalam kelompok.”

Layanan Pelanggan

Meskipun pekerjaan Anda tidak mengharuskan Anda untuk berinteraksi dengan “pelanggan” dalam arti yang sebenarnya, Anda mungkin diharuskan untuk memberikan beberapa bentuk layanan kepada orang lain, seperti pasien, siswa, tamu, atau personel dari departemen lain. Untuk mengembangkan keterampilan layanan pelanggan Anda, Licata menyarankan agar Anda mengumpulkan dan merefleksikan umpan balik formal dan informal dari konsumen (atau yang setara dengan pekerjaan Anda). Ciptakan aktivitas spesifik yang dapat Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Perusahaan menghargai kualitas kepemimpinan, namun bagaimana jika Anda tidak ingin mengawasi sebuah departemen atau perusahaan? Hal ini tidak menjadi masalah, kata Licata, yang menambahkan bahwa Anda juga bisa meminta peran kepemimpinan atau tanggung jawab dalam inisiatif-inisiatif penting, atau mencari kesempatan untuk membimbing karyawan baru-bahkan jika organisasi Anda tidak memiliki program bimbingan formal.

Manajemen Proyek

Jika Anda belum pernah mengelola proyek dengan orang lain, mulailah dengan proyek Anda sendiri. Amara Pope, PhD, seorang konsultan pemasaran dan branding, percaya bahwa ada banyak alat yang tersedia untuk membantu Anda. Ini termasuk perangkat lunak manajemen seperti Asana dan Hubspot, yang menurutnya dapat membantu Anda mengatur tugas, jadwal, dan interaksi internal dan eksternal dengan lebih baik.

Manajemen

Tetapi bagaimana dengan mengelola orang daripada proyek? Sama halnya dengan kepemimpinan, Anda bisa meningkatkan bakat manajerial Anda tanpa harus menjadi bos besar. Sekali lagi, mulailah dari yang kecil, dengan menjadi sukarelawan untuk mengelola inisiatif kecil dan berisiko rendah “yang kebanyakan orang tidak akan pernah menjadi sukarelawan,” kata Damian Birkel, direktur dan pencipta Professionals In Transition. “Ini akan memberikan Anda pengalaman yang tak ternilai, kesempatan untuk bekerja empat mata dengan atasan Anda, dan kesempatan untuk belajar tentang gaya manajemen mereka, dan bagaimana mereka mendapatkan pengalaman manajemen.”

Analisis

Carilah kesempatan untuk mengevaluasi atau menganalisis data yang berkaitan dengan bagian tertentu dari pekerjaan Anda saat ini, meskipun tidak diperlukan. Lebih khusus lagi, Licata menyarankan untuk menggunakan analisis data untuk memperoleh pemahaman tentang salah satu kesulitan Anda saat ini. Kemudian, melangkah lebih jauh dan temukan area di mana data tidak dikumpulkan namun seharusnya dikumpulkan.

Kerja tim

Apakah Anda menikmati proyek kelompok di sekolah atau menjadi orang yang terjebak melakukan segala sesuatu sambil berpura-pura bahwa itu adalah kerja tim, tidak perlu waktu lama bagi Anda untuk memahami bahwa Anda akan berkolaborasi dengan orang lain selama sisa karier Anda.

Anda mungkin tidak senang dengan hal itu, namun jangan melawannya; sebaliknya, berusahalah untuk menjadi seseorang yang diinginkan oleh orang lain dalam tim Anda, saran Birkel. “Ini berarti datang tepat waktu, menepati janji, meminta pertanggungjawaban rekan kerja lainnya, dan menyelesaikan tugas apa pun yang Anda lakukan secara sukarela,” katanya.
Sementara itu, berkomunikasi dengan tim Anda merupakan kesempatan yang sangat baik untuk melatih keterampilan komunikasi yang telah Anda kembangkan, seperti menjelaskan sesuatu dengan cara yang menarik perhatian orang lain dan menyampaikan pesan Anda secara efektif. Nicole Dayan, salah satu pendiri Pocketbook Agency, merekomendasikan agar Anda secara aktif mendengarkan rekan kerja Anda dan menerima ide-ide mereka. Meskipun beberapa orang melakukan hal ini setiap saat, namun masih banyak orang yang akan mendapatkan manfaat dari mendengarkan rekan kerja mereka dan meluangkan waktu untuk memeriksa saran-saran mereka. Lebih jauh lagi, seperti yang ditunjukkan oleh Dayan, hal ini menunjukkan kesediaan untuk belajar dan tumbuh melalui pengalaman dan umpan balik.

Penjualan

Meskipun Anda tidak bekerja di bagian penjualan, ini adalah bakat yang bisa sangat berguna saat Anda perlu menyampaikan ide kepada rekan kerja dalam rapat. Alih-alih mengajukan ide yang sama kepada semua orang, Licata menyarankan untuk mendengarkan-atau bertanya-apa yang benar-benar dibutuhkan oleh orang-orang di pihak penerima, dan mengadaptasi presentasi Anda agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan kata lain, baik saat Anda mempromosikan sebuah konsep, inisiatif, atau produk, Anda harus mengetahui dan memahami target audiens Anda.

Pemecahan masalah

Pope menyarankan agar Anda mencari tantangan baru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Salah satu caranya adalah dengan menetapkan tujuan baru untuk diri Anda sendiri setiap hari, setiap bulan, atau setiap tahun, dan kemudian mencari tahu apa yang harus Anda lakukan untuk mencapainya. Dengan melakukan hal ini, Anda tidak hanya akan mengembangkan pola pikir kreatif, tetapi Anda juga akan mendapatkan pengalaman baru, jelasnya.

Penelitian

Pope menganjurkan untuk mengikuti lokakarya atau kursus untuk mengembangkan kemampuan penelitian Anda dan mendapatkan paparan terhadap teknik dan cara berpikir baru tentang topik Anda. Tidak perlu komitmen waktu yang besar: Anda bisa belajar banyak hanya dengan menghadiri satu seminar atau lokakarya setiap bulan.
Bingung harus mulai dari mana? Kursus LinkedIn Learning “Cara Meneliti dan Menulis Menggunakan Alat AI Generatif dengan Dave Birss” dan kursus AI terpopuler lainnya dari perusahaan ini gratis hingga 1 Juli 2024. Ada banyak kursus dan lokakarya online gratis tambahan yang akan membantu Anda meningkatkan keterampilan penelitian, termasuk dari University of Michigan, University of California, Irvine, dan University of New South Wales.

Kemampuan beradaptasi

Secara teknis, studi LinkedIn berisi sepuluh keterampilan karier yang paling banyak diminati, seperti yang disebutkan di atas. Namun, para penulis juga memasukkan apa yang mereka sebut sebagai “keterampilan saat ini,” yang merupakan kualitas yang paling disukai oleh para pemberi kerja dalam jangka waktu tertentu: kemampuan beradaptasi.
“Perusahaan menginginkan pekerja yang dapat beradaptasi, tidak panik, dan berubah seiring dengan perubahan bisnis atau ekonomi,” ujar Dan Brodnitz, kepala strategi konten LinkedIn Learning di seluruh dunia. “Mereka ingin mempekerjakan orang-orang yang ingin mempelajari hal-hal baru, menerima setiap perubahan yang terjadi, dan melihat ke depan untuk masa depan-bahkan jika itu berarti melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda.”

 

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *