10 Tips Twitter Bagi Pemula

Twitter adalah tempat yang mengasyikan untuk bergaul. Namun, banyak pengguna baru yang merasa belum mengenal lebih dalam dengan Twitter. Berikut ini adalah 10 Tips Twitter Bagi Pemula dan semoga bermanfaat.

10 Tips Twitter Bagi Pemula

1. Selektif dalam Mem-follow Akun Orang Lain

Jika baru mengenal Twitter, mungkin kamu akan tergoda untuk langsung memfollow seseorang yang me-retweet atau menyukai salah satu postingmu.

Jangan terjebak dalam kebiasaan itu. Twitter hanya sebagus orang-orang mana yang kamu follow. Jika kamu menyumbat timeline dengan orang-orang yang tidak kamu pedulikan, pengalaman penggunaan Twitter akan menjadi berkurang.

Saat kamu mem-follow lebih banyak orang, Twitter akan menyarankan pengguna lain berdasarkan profil mereka. Untuk gagasan lainnya, lihat siapa yang diikuti oleh pengguna Twitter yang kamu follow.

2. Gunakan Twitter List

Twitter List adalah fitur platform yang kurang mendapat apresiasi. Mereka tidak rumit untuk diatur atau digunakan, namun hampir semua pengguna selalu mengabaikannya.

Karena feed dari Twitter utama adalah satu output dari semua orang yang di follow, mungkin bisa jadi sulit untuk dipahami. Sehingga bisa berakhir dengan kecacatan atau miss konten di berbagai topik.

Jika membuat daftar Twitter Anda dengan benar, kita dapat mengelompokkan konten ke dalam berbagai subjek yang kita inginkan. Kita tidak perlu mem-follow akun orang lain hanya untuk menambahkannya ke dalam Twitter List.



3. Urutkan Feed Tweet Secara Runut

Hal terpenting yang dimiliki Twitter adalah kemampuannya untuk menyediakan berita, pendapat, wawasan, dan analisis secara real-time kepada pengguna tentang apa saja yang terjadi di dunia.

Namun, antara tahun 2016 dan 2018, Twitter mengabaikan kebijakan menampilkan tweet secara berurutan. Alasannya? Demi pendapatan dari iklan.

Akhirnya kebijakan itu direvisi. Namun, Twitter masih default untuk menunjukkan kepada kita tweet teratas dan bukan tweet terbaru.

4. Jangan Terlalu Berharap Punya Banyak Follower

Jangan Terlalu Berharap Punya Banyak Follower

Jangan membuat akun dan kemudian berharap memiliki ribuan pengikut dalam beberapa minggu. Untuk menumbuhkan follower Twitter yang cukup besar, kamu perlu memposting konten berkualitas secara teratur dan secara aktif terlibat dengan komunitas yang disukai.

Jika melihat akun dengan beberapa ribu pengikut, mereka biasanya mentweet puluhan ribu kali. Abaikan saja itu, bagi kebanyakan orang, Twitter harus dinikmati sebagai platform untuk dikonsumsi, bukan untuk memproduksi sesuatu.



5. Blokir, Blokir, Blokir

Twitter terkenal dengan masalah yang berkelanjutan dengan penyalahgunaan dan cyberbullying di dunia maya. Tidak masalah apa jenis tweet yang diposkan, pasti akan ada tanggapan pro dan kontra terhadap pos tersebut.

Kiat manjur bagi pengguna Twitter lama adalah “blokir di awal, blokir sesering mungkin.” Ini saran yang bagus dan salah satu tips Twitter terbaik untuk pemula.

Jika pernah bertemu seseorang yang memberi sedikit saja serangan balasan, segera blokir mereka. Pengalaman di Twitter— dan ketenanganmu — akan menjadi lebih baik karenanya.

6. Kelola Personalisasi dan Penggunaan Data

Setiap kali mendaftar untuk layanan baru atau mengunduh aplikasi baru, salah satu hal pertama yang harus dilakukan adalah menuju ke menu pengaturan dan pastikan privasi dan opsi data memenuhi persyaratan kita.

Twitter tidak berbeda. Secara default, pengaturan Bagikan data Anda dengan mitra bisnis Twitter diaktifkan, seperti Track di mana kita bisa melihat konten Twitter di seluruh web. Paling tidak, kita  harus mematikan kedua opsi ini dengan menuju ke Pengaturan> Preferensi Konten> Personalisasi dan Data.

Kita juga perlu mempertimbangkan apakah ingin melihat iklan hasil personalisasi, personalisasi berdasarkan identitas, dan personalisasi berdasarkan riwayat lokasi.

7. Gunakan Bookmark

Banyak pengguna Twitter menekan tombol like ketika mereka ingin menyimpan tweet yang akan dirujuk anantinya. Dalam hal fungsionalitas, ini berfungsi, dan dapat meninjau daftar like kapan saja.

Namun, like memiliki satu kelemahan utama karena mereka bersifat publik. Tidak hanya pengguna lain dapat melihat saat menyukai sesuatu, tetapi mereka juga dapat melihat riwayat semua like di profil kita.

Jadi, tips Twitter yang bagus untuk pemula adalah menggunakan Bookmark. Ini sepenuhnya pribadi. Orang yang menulis tweet yang ingin kita pertahankan tidak akan tahu bahwa kita telah mem-bookmark-nya.

8. Gunakan Hashtag Seperlunya

Hashtag menjadi terkenal sebagai cara untuk menemukan konten pada topik terkait. Mereka masih bekerja, tetapi dalam banyak hal, mereka tidak lagi cocok untuk tujuan. Twitter melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik dalam mengatur konten daripada biasanya, sementara tagar paling populer melihat ribuan tweet baru per menit. Orang tidak mungkin berharap untuk menelusuri semuanya untuk menemukan postingan kita.

Paling-paling, gunakan satu, tagar yang sangat spesifik. Tweet kita akan terlihat lebih rapi dan Anda akan jauh lebih sukses dalam menjangkau audiens target.

baca juga: 6 Manfaat Positif Media Sosial



9. Gunakan Filter Pemberitahuan Lanjutan

Saat kita membuat akun Twitter untuk pertama kalinya, setiap pengaturan pemberitahuan diaktifkan. Kita akan mendapatkan aliran peringatan acak karena seseorang yang diikuti telah memposting video atau menerbitkan tweet baru. Tidak mungkin membedakan hal-hal yang berguna dari tempat sampah.

Disarankan untuk mengaktifkan pengaturan Filter Kualitas (untuk menghapus konten berkualitas rendah dari notifikasi Anda) dan mengubah Pengaturan Lanjutan hingga kita memiliki sistem yang kita sukai.

10. Matikan Sinkronisasi Data Otomatis di Ponsel

Jika menggunakan aplikasi Twitter di Android atau iOS, itu akan secara otomatis membuat timeline Twitter tetap tersinkronkan dan terkini, bahkan jika aplikasi tersebut tidak terbuka.

Ini sama sekali tidak perlu dan hanya menguras isi storage saja. pengaturan dimatikan.

Untuk mengubah pengaturan, buka Pengaturan dan Privasi> Penggunaan Data> Sinkronisasi Data dan hapus centang pada kotak centang.

baca juga: 8 Keunggulan Telegram dibanding Whatsapp

Ini adalah tips twitter bagi pemula. Namun, ada banyak informasi lain yang juga bermanfaat bagi pengguna baru. Jadi, tetaplah mengeskplore fitur-fitur Twitter terkini yang mungkin dapat menambah user experience dalam menggunakan aplikasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *