10 Tips Agar Dihormati Orang Lain

Jika kita adalah individu yang selalu menghargai diri sendiri, kemungkinan kita juga ingin orang lain memperlakukan kita dengan hormat. Dan sesungguhnya, usia bukanlah prasyarat mutlak untuk memperoleh rasa hormat.

Banyak sekali contoh pemuda-pemudi yang sangat dihormati oleh orang tua mereka. Dan banyak juga orang tua yang tidak pernah dihormati karena tindakan mereka sangat tidak sesuai. Ini tentang bagaimana kita berperilaku, sikap terhadap orang lain, dan tindakan yang dilakukan.

Terlepas dari apakah posisi kita sekarang, kita pastinya dapat dihormati oleh orang lain. Berikut adalah 10 cara teratas tentang bagaimana kita bisa menjadi lebih dihormati oleh orang lain

Ahli atau Mahir dibidangnya

Dalam setiap bidang pekerjaan, orang yang paling dihormati adalah mereka yang terbaik dalam bidangnya. Semua orang menyukai orang yang kompeten, terutama mereka yang konsisten menyajikan karya terbaik mereka sepanjang waktu. Jika kita baru memulai sebuah profesi, bukanlah berarti kita tidak layak dihormati. Ini tentang memulai segala sesuatu dari yang hal terkecil dan mulai membangun keahlian dari hal itu.

Bangunlah reputasi selangkah demi selangkah, dengan memproduksi konten terbaik yang kita mampu. Seiring waktu, orang-orang mulai memberikan penilaian dan mereka mulai menghargai apa yang saya lakukan.

Dengan pengalaman dan peningkatan keahlian, kita membuktikan bahwa kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa memperoleh rasa hormat dari orang lain. Ini bukanlah proses yang instan, tetapi rasa hormat dari orang lain akan muncul seiring dengan berjalannya waktu.



Hormati orang lain

Rasa hormat bersifat dua arah. Jika Anda ingin orang lain menghormati Anda, Anda harus menghargai orang lain terlebih dahulu. Jika Anda pernah menemukan seseorang yang tidak menghormati Anda, saya mengundang Anda untuk memikirkan hanya satu orang yang tidak Anda hormati dalam hidup Anda sekarang.

Daripada berbicara tentang bagaimana orang tidak menghormati Anda, berusahalah untuk menghormati orang-orang yang kita perlakukan dengan buruk. Ini akan membantu Anda mencapai perspektif baru dalam hubungan Anda dengan orang lain. Setiap kali seseorang bersikap kasar kepada saya, saya memikirkan bagaimana saya mungkin bersikap kasar kepada orang lain dan memperbaiki hubungan itu. Itu menciptakan pemikiran yang positif dalam hubungan dengan orang lain.

Hormati apa dikatakan

Orang yang tidak jujur ​​atau tidak bisa diandalkan sebenarnya sangat kurang disukai. Seorang individu yang dihormati adalah orang yang jujur ​​dalam berkomunikasi dan bertanggungjawab untuk melakukan apa yang dijanjikannya.

Integritas adalah langkah pertama untuk meningkatkan level pribadi kita. Usahakan selalu berkomitmen dan sanggup memenuhi apa yang saya janjikan. Jika karena alasan tertentu  tidak dapat menghormati komitmen yang telah dibuat, pastikan ada solusi lain yang bisa ditempuh untuk menebusnya.

Terbuka terhadap kritik

Menjadi dihormati bukan berarti  tidak akan menerima kritik. Faktanya, justru sebaliknya. Semakin Anda dikenal dalam pekerjaan Anda, semakin banyak kritik yang akan Anda terima.

Semakin terkenal kita maupun karya yang kita hasilkan, akan ada lebih banyak umpan balik positif daripada sebelumnya. Selain itu juga kita harus siap menerima lebih banyak kritik.

Ini bukan tentang menolak kritik akan tetapi tentang kemampuan menangani kritik dengan cara yang elegan. Orang-orang menghormati seseorang yang mampu menangani umpan balik yang negatif dan mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih positif.

Perlakukan diri Anda dengan hormat

Sangat lucu bahwa banyak dari kita mencari rasa hormat dari orang lain, namun kita bahkan tidak menghargai diri kita sendiri.

Apakah Anda mencintai diri sendiri sepenuhnya dan tanpa syarat? Apakah Anda memperlakukan diri Anda dengan buruk dengan tidak cukup tidur, diet yang tepat atau olahraga?

Jika Anda tidak menghargai diri sendiri, Anda tidak bisa berharap untuk mendapatkan rasa hormat dari orang lain. Mulailah dengan mencintai diri sendiri. Cinta dari orang lain akan menyusul kemudian.



Perlakukan diri Anda secara profesional

Ini termasuk dalam hal berpakaian yang layak, bersikap sopan, menggunakan bahasa yang sesuai, dan memiliki etika sosial.

Jangan menjelek-jelekkan orang lain

Baik itu di lingkungan profesional atau sosial, janganlah melakukan ini. Kita tidak mendapatkan rasa hormat dengan cara ini. Jika Anda tidak puas dengan orang tertentu dan apa yang dia lakukan, bicaralah dengannya dan selesaikan. Jangan bicara dibelakangnya.

Ini adalah jenis perilaku yang menjurus menjadi gosip dan negativitas. Tidak hanya itu berdampak buruk pada Anda sebagai pribadi, itu juga menyakiti pihak lain apakah Anda menyadarinya atau tidak. Jujur dan transparan dalam komunikasi Anda.

Pegang Teguh apa yang yakini

Pernahkah Anda bertemu orang yang hanya setuju dengan apa pun yang dikatakan orang lain tanpa banyak berpikir?

Jangan takut untuk membela apa yang kita yakini. Pada saat yang sama, pastikan Anda melakukannya dengan hormat kepada orang lain.



Jadilah dirimu sendiri

Lebih baik menjadi versi asli diri Anda daripada menjadi duplikat orang lain. Orang menghormati individu yang asli. Terlalu banyak orang berusaha terlalu keras untuk menjadi orang lain, dan pada akhirnya mereka tidak memiliki indra identitas.

Temukan siapa Anda dan apa yang Anda perjuangkan. Yang dibutuhkan dunia adalah lebih banyak orang yang jujur ​​pada diri mereka sendiri, bukan sebuah replika satu sama lain.

Jadilah teladan bagi orang lain

Tindakan lebih ampuh daripada kata-kata.

Apakah perilaku Anda menjadi panutan bagi orang lain? Apakah Anda konsisten menjunjung tinggi kode etik?

Orang yang paling dihormati adalah orang yang menginspirasi orang lain untuk mencapai yang terbaik dan memungkinkan mereka untuk membuka potensi tertinggi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *