10 Alasan Kenapa Kita Harus Pindah Ke Signal

Karena kebijakan privasi baru Whatsapp belakangan ini menggegerkan banyak pihak, aplikasi Signal menjadi populer belakangan ini. Signal adalah aplikasi perpesanan yang didirikan oleh Brian Acton pada 29 Juli 2014. Berikut ini akan dipaparkan beberapa alasan terbesar kenapa kita harus menggunakan aplikasi Signal.

Privasi dan keamanan adalah prioritas utama bagi kebanyakan pengguna internet. Sayangnya, belakangan ini semakin sulit menemukan aplikasi perpesanan yang tidak membocorkan informasi kita.

Data pengguna telah menjadi komoditas yang diinginkan di dunia teknologi modern ini. Namun ada juga platform yang malah membagikan informasi sensitif dan pribadi kita kepada pihak lain dalam rangka memperoleh keuntungan.

Meskipun mengeksploitasi percakapan pribadi adalah hal biasa dengan banyak aplikasi perpesanan yang populer, ternyata masih ada beberapa aplikasi yang memprioritaskan privasi penggunanya.

Signal tampaknya menjadi alternatif sempurna untuk aplikasi perpesanan tradisional. Berikut ini adalah alasan harus beralih ke Signal sebagai media perpesanan kita.

1. Signal 100% Gratis

Signal sampai dengan saat ini masih sepenuhnya gratis untuk digunakan. Tidak ada biaya sepeser pun untuk mengunduh aplikasi, dan tidak ada juga biaya berlangganan.

Padahal banyak aplikasi lain yang mengkompensasikan layanan keamanan ekstra dengan membebankan biaya ke pengguna mereka. Biaya seperti ini justru maah kadang menghalangi individu untuk meninggalkan aplikasi perpesanan sosial populer gratis apalagi jika terkenal buruk karena masalah privasi mereka.

Signal adalah investasi bebas risiko bagi seseorang yang masih mempertimbangkan untuk beralih platform tetapi masih ragu-ragu.

2. Signal masih Open Source

Menjadi suatu “open source” berarti pembuatnya merilis kode lengkap aplikasi ke publik umum.

Siapapun dapat dengan bebas mengakses kode dan membaca seluruh blueprint untuk software mereka. Signal transparan dengan tidak ada fungsi yang tersembunyi atau masalah kebocoran data.

3. Sinyal Menawarkan Enkripsi Total

Signal memiliki sistem untuk menjaga kerahasiaan data kita. Di tingkat yang paling dasar, Signal mengenkripsi semua informasi dan interaksi kita. Sehingga percakapan kita diterjemahkan sehingga tidak disimpan dalam bentuk mentah dan segera dapat dibaca.

Dengan cara ini, hacker tidak dapat melakukan apapun jika mereka ingin mendapatkan informasi tersebut. Langkah ini merupakan standar dalam keamanan cyber dan fitur dari ada saat kita sedang online. Tapi Signal sangat bekerja keras dalam hal keamanan cyber.

4. Nomor Telepon Jadi Lebih Aman

Signal memiliki fitur “registration lock“, sebuah fitur yang membantu melindungi smartphone kita

Seperti aplikasi perpesanan populer lainnya, termasuk WhatsApp, Signal dapat menggunakan nomor telepon untuk melakukan verifikasi teks.

Memalsukan nomor telepon atau menggunakan aplikasi khusus untuk melewati langkah-langkah ini sangatlah mudah. Beberapa orang mungkin menemukan bahwa nomor mereka sudah digunakan di akun lain.

Registration Lock membutuhkan langkah keamanan tambahan untuk mengonfirmasi nomor telepon kita. Pengguna mengatur kode PIN yang harus mereka tunjukkan ketika mencoba menggunakan nomor telepon mereka setiap login ke akun Signal. PIN ini sangat dapat disesuaikan panjang dan jenis karakternya.

5. Ada Opsi Keamanan Biometrik

Jika kata sandi dan kode tidaklah cukup untuk kita, Signal memungkinkan kita menggunakan opsi keamanan biometrik.

Fungsi biometrik ini bisa menggunakan pengenalan sidik jari atau FaceID yang sudah ada di smartphone kita. Kita dapat mengaktifkan atau

6. Penyimpanan file di Local Storage

Jika kita mengganti smartphoen, mungkin kita akan kehilangan file dan pesan yang dipertukarkan melalui Signal apabila tidak dibackup sebelumnya.

Mungkin tampak mengganggu kehilangan data ini, tetapi ini adalah tindakan keamanan ekstra.

Ketika kita terhubung ke cloud storage atau penyimpanan awan, semua file kita akan berpindah-pindah ke beberapa server eksternal, dan karena itu berpotensi untuk diretas hacker.

Ketika file disimpan di local storage, kita jadi leluasa mengelola dan menghapusnya. Seperti halnya menyimpan hanya satu salinan dari beberapa dokumen penting.

Mungkin terkesan merepotkan, tetapi ini sempurna untuk tujuan privasi. Jika kita ingin lebih aman lagi, kita dapat mengatur agar pesan terhapus secara otomatis setelah chatting selesai.

7. Alamat IP Address Terlindungi

Signal menawarkan videocall grup dan panggilan audio terenkripsi. Sama seperti sistem pesan terenkripsi, ada fitur yang berfungsi untuk menjaga semua interaksi kita tetap aman.

Panggilan relay atau relai calls adalah alasan banyak orang beralih ke Signal. Pengguna dapat melakukan panggilan relay untuk menjaga kerahasiaan percakapan mereka. Ini melindungi alamat IP kita dari panggilan tak dikenal.

8. Fitur Layar Privasi Signal

Signal juga memiliki pengaturan tambahan untuk menjaga percakapan tetap aman dari orang lain yang menggunakan smartphone kita atau siapa pun yang sedang mengawasi kita.

Dengan fitur Layar Privasi, Signal memblokir pratinjau tampilan pesan. Ini adalah cara yang tepat untuk mencegah informasi pribadi terkespose saat kita mencoba keluar dari aplikasi.

9. Opsi Tanda Terima Baca dari Signal

Jika kita lebih khawatir terhadap penerima pesan yang mengetahui jika kita sudah membaca pesan mereka, Signal bisa membantu kita. Kita dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tanda terima bahwa pesan telah dibaca.

Kita dapat menyesuaikannya sesuai keinginan kita. Ini sempurna untuk mencegah kesalahpahaman sehingga kita dapat kembali ke percakapan di waktu luang tanpa adanya tekanan ekstra.

10. Popularitas Yang Makin Meningkat

Salah satu kendala terbesar aplikasi perpesanan adalah hanya dapat berkomunikasi dengan orang yang juga menggunakan aplikasi tersebut. Pembatasan ini diperlukan untuk menangani masalah kompatibilitas dan kebijakan antara platform yang berbeda.

Kejahatan yang diperlukan ini juga merupakan alasan mengapa aplikasi perpesanan baru sulit diselesaikan dengan platform yang populer dan mapan. Untungnya, Signal sudah memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia, dan gratis untuk digunakan

Jadi Mengapa Saya Harus Beralih ke Signal?

Signal menawarkan begitu banyak fitur keamanan yang cukup menarik. Signal benar-benar pengganti yang sempurna untuk platform populer lainnya yang secara pasif menyimpan (atau secara aktif membagikan) informasi pribadi kita.

Banyak yang memperkirakan aplikasi akan terus meningkat popularitasnya karena permintaan dan kebutuhan terhadap kerahasiaan dan keamanan semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *