7 Karakteristik dari Pola Pikir yang Produktif

pola pikir produktif

Sebenarnya apa sih pola pikir produktif itu? Kebanyakan orang berpendapat bahwa mereka memiliki pola pikir produktif yaitu ketika mereka dalam keadaan sibuk. Sebenarnya sibuk tidak bisa selalu diidentikan dengan produktivitas. Bisa jadi ketika kita sibuk, kita tidak benar-benar produktif dalam menyelesaikan tugas atau proyek.

Memiliki pola pikir produktif berarti kita fokus dan jelas terhadap apa tujuan yang ingin kita raih. Sehingga kita menggunakan semua kemampuan dan keahlian yang kita punya untuk mencapai tujuan tersebut dengan cara yang lebih terorganisir.

Jadi apa saja sih karakteristik dari pola pikir yang produktif itu? Kita simak ulasan berikut ini:

1. Motivasi

Kita semua tahu bahwa motivasi merupakan faktor kunci dalam meraih tujuan kita. Kita perlu memiliki sesuatu yang senantiasa mendorong kita untuk melakukan sesuatu demi meraih tujuan. Meskipun terkadang motivasi bisa berfluktuasi seiring berjalan waktu, tetapi motivasi tetap menjadi unsur yang penting sebagai langkah awal untuk memiliki pola pikir yang produktif.

Jika kita tidak termotivasi untuk mengerjakan sesuatu, maka akan sulit untuk menjadi lebih produktif. Banyak penelitian membuktikan adanya keterkaitan antara motivasi dengan prestasi. Kita juga tahu bahwa segala sesuatu yang kita cita-citakan, pasti didukung oleh beragam motivasi untuk menyelesaikannya.

Mengatur pola pikir yang produktif adalah dengan membentuk motivasi yang jelas. Kita harus tahu apa sajakah motivasi, baik intrinsik maupun ekstrinsik, yang mendorong kita untuk bisa sukses. Kemudian menjaga motivasi itu pada garis terdepan di pola pikir kita dan senantiasa menggunakannya. Hal tersebut niscaya akan memberikan efek produktif terhadap pola pikir kita sehari-hari.

2. Ketekunan

Meskipun motivasi adalah bagian penting dalam meraih tujuan kita, kegigihan dan ketekunan juga sangat dibutuhkan walau terkadang bisa sangat sulit untuk konsisten.

Kadang-kadang sekedar motivasi saja tidak cukup kuat untuk membantu kita melewati masa sulit, terutama ketika kita menganggap belum ada kemajuan atau progress dari pekerjaan kita. Kegigihan, ketekunan dan sikap pantang menyerah sangatlah penting untuk keberhasilan jangka panjang. Karena untuk mencapai tujuan atau cita-cita diperlukan sebuah perjuangan luar biasa. Selain itu, kita harus siap mengatasi hambatan dan tantangan yang selalu hadir untuk mengganggu pencapaian tujuan kita.

Ketekunan adalah faktor kunci dalam mengatasi segala hal. Tetap melangkah dan buatlah kemajuan walaupun sedikit asalkan tetap konsisten. Sikap mental tersebut akan memperkuat tekad kita dan membantu untuk kita menjadi lebih produktif.

3. Visi

Dalam rangka untuk bergerak menuju tujuan kita, kita perlu memiliki visi yang jelas tentang tujuan kita. Jika kita tidak tahu kemana kita akan pergi, bagaimana kita bisa membuat perencanaan untuk sampai ke titik akhir tujuan kita?

Selalu hadirkan gambaran mental dari visi kehidupan yang kita ciptakan sendiri. Visi akan membantu kita menjadi lebih produktif sepanjang hari Anda. Ada cara yang lain yang bagus untuk tetap selaras dengan visi yaitu dengan menggunakan visualisasi. Visualisasi banyak digunakan oleh atlet dan tokoh-tokoh terkenal untuk mencapai tujuan mereka.

Kekuatan visualisasi terbukti untuk mampu membuat kita dapat mengambil tindakan yang lebih kongkrit ke dalam kehidupan kita dan memiliki motivasi lebih untuk mencapai tujuan Anda. Visi yang jelas dan kongkrit sangatlah mutlak dibutuhkan agar kita menjadi produktif. Jaga selalu visi yang kuat dan yang dapat membimbing segala tindakan kita.

4. Sikap Positif

Sikap Positif mutlak harus dimiliki,  bukan hanya untuk pola pikir produktif tetapi juga untuk pola pikir sukses pada umumnya. Kita perlu tetap menjadi positif jika kita ingin mencapai hasil yang positif juga dalam kehidupan kita.

Sikap kita adalah faktor penting dalam bagaimana kita menjalani hidup. Dan kita sendiri yang memutuskan sika papa yang ingin kita ambil. Meskipun kadang kita tidak bisa mengontrol faktor-faktor eksternal, teapi kta dapat selalu mengontrol sikap kita. Melihat sesuatu dari segi positifnya mutlak diperlukan untuk menjadi produktif dan membantu kita mencapai tujuan.

Terkadang kita memiliki pikiran negatif, hal itu sangatlah manusiawi. Tetapi kabar baiknya kita dapat memutuskan untuk mengubah pikiran-pikiran negatif menjadi positif. Kita dapat memutuskan untuk tidak membiarkan pikiran negatif mengatur kehidupan kita. Tetap positif dan aktif bekerja secara prduktif dan lihatlah hasil apa yang kit peroleh.

5. Jalani Rutinitas

Rutinitas yang besar untuk masuk ke keadaan mental yang sangat produktif. Kata “rutin” mungkin terdengar membosankan, tetapi merupakan elemen mendasar untuk menciptakan pola pikir yang produktif.

Waktu terbaik untuk membangun rutinitas adalah di pagi hari. Membangun rutinitas akan membantu kita masuk ke dalam mentalitas yang tepat untuk produktif. Buat rutinitas yang memungkinkan kita untuk merangsang kinerja otak kita, membuat kita termotivasi dan memberikan kejelasan tentang visi kita.

6. Fokus pada Satu Hal

Jika ada banyak hal yang harus dikerjakan, tentunya bisa membuat kita kewalahan dan pada akhirnya membuat kita merasa kurang produktif. Kurangi atau bagi menjadi bagian-bagian kecil pekerjaan dan berusaha focus untuk menyelesaikan bagian demi bagian pekerjaan tersebut.

Berfokus pada satu hal dapat menjadi daya pacu untuk produktivitas kita. Memilih satu tugas setiap hari yang kita anggap terpenting untuk segera diselesaikan. Jika kita sudah menyelesaikan satu tugas terlebih dahuluu, maka pola pikir kita akan memacau kita melanjutkan menyelesaikan pekerjaan yang lain.

Jangan biarkan adanya gangguan dan hambatan yang menghalangi kita untuk focus pada satu tugas. Kemudian apabila kita telah selesai menyelesaikan satu tugas, maka anggaplah tugas-tugas yang lain sebagai bonus. Hal tersebut akan memberikan perasaan nyaman dan membantu kita untuk lebih termotivasi agar tetap selalu produktif.

7. Perhatian

Menjadi awas atau siaga juga dapat membantu Anda untuk membuat mentalitas yang produktif. Sikap awas atau siaga di setiap waktu dapat membantu mempertegas ketenangan mentalitas kita. Setiap tugas yang kita kerjakan harus selaras dengan tujuan utama kita. Sehingga kita menjadi lebih perhatian kepada tujuan yang ingin dicapai dan tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk meraih tujuan tersebut.

produktif

Kesimpulan

Jika kita sedang berjuang untuk mencapai tujuan atau cita-cita kita, lihat dulu pola piker kita. Memiliki pola pikir produktif adalah kunci utama dalam meraih kesuksesan dalam segala hal.

Mengatur diri untuk menjadi sukses dengan mengikuti langkah-langkah di atas tentu bisa membuat pola pikir kita menjadi produktif. Hal tersebut kemudian mempengaruhi kehidupan Anda dan berpotensi meningkatkan produktivitas Anda.

Pola pikir kita adalah segalanya. Pola piker dapat menentukan setiap keberhasilan dan prestasi dalam kehidupan kita. Yang kita butuhkan adalah untuk mengembangkan pola pikir yang benar. untuk mencapai tujuan tersebut, perlu diubah menjadi pola pikir yang produktif.

Simpan

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*