Album: Oh My My Onerepublic

Onerepublic akhirnya merilis album terbaru mereka di tahun 2016. Album yang berjudul “Oh My My” memadukan banyak genre musik yang berbeda secara bersama-sama hingga menjadi sebuah suatu album Onerepublic yang paling beragam daripada sebelumnya.

“Oh My My” adalah album studio keempat OneRepublic dan menawarkan sebuah 16 lagu yang menakjubkan. Album ini dirilis 7 Oktober, lebih dari dua tahun setelah rilis album asli mereka. Onerepublic ternyata mampu menghasilkan 16 lagu dalam rentang waktu yang sedikit dan merupakan prestasi besar mereka.

Lagu pertama, “Lets Hurt Tonight,” diawali dengan suara akustik, dengan beat perkusi yang tenang tapi stabil. Lagu tersebut terasa hidup karena disajikan “live”, dan banyak tambahan instrumen dan vokal yang berlapis. Lagu hits puncaknya yaitu pada bagian chorus, di mana frontman Ryan Tedder mencapai suara penuh. Ini merupakan gaya OneRepublic yang khas, terutama pada bagian awal trek lagu. lagu OneRepublic paling menonjol yang menggunakan teknik ini adalah “Counting Stars,” yang merupakan lagu pembuka di album asli mereka. “Lets Hurt Tonight” adalah lagu yang sempurna untuk memperkenalkan pendengar untuk Oh My My.

Lagu berikutnya, “Future Looks Good,” meniru gaya esque dari Coldplay yaitu dengan alunan instrumental piano instrumental dan teknik vokal  berkait yang “catchy”. Durasi lagu ini hanya tiga setengah menit, yang merupakan panjang yang sempurna untuk sebuah lagu alam ini – salah satu yang lebih memfokuskan pada instrumen dari lirik.

Band ini menyajikan sesuatu yang berbeda untuk tiga lagu berikutnya. Lagu, “Oh My My,” dimulai dengan groovy, beat bass yang mendalam. OneRepublic berkolaborasi dengan  duo Prancis Cassius untuk memberikan nuansa lagu yang lebih elektronik, yang membawa ke dua trek berikutnya “Dream” dan  “Kids”. OneRepublic jarang diketahui suka mencampur banyak komponen elektronik dalam lagu mereka, tapi mereka mulai memasukkan lebih sering pada album ini.

“Choke,” lagu keenam pada daftar lagu, sangat kontras tiga lagu terakhir. “Choke” tetap sederhana pada awalnya, vokal Tedder dan piano begitu mendominasi. Ketika lagu hits paduan suara, paduan suara penuh bergabung. paduan suara memberikan “Choke” kualitas yang “dingin”. Lagu ini tentang kehilangan seseorang dan rasa sakit yang berikutnya, yang merupakan sesuatu yang kebanyakan orang alami.

OneRepublic berkolaborasi dengan penyanyi 80-an yaitu Peter Gabriel untuk lagu “A.I.” – kependekan kecerdasan buatan. Trek berdurasi lima menit dan 10 detik, menggunakan ketukan techno dan mixing elektronik. Gaya Tekno memberikan lagu yang terdengar asing, serasa hasil olahan komputer, yang mencerminkan cita-cita di balik makna dari kecerdasan buatan. Lagu ini sedikit tidak jelas, tetapi mereka yang menikmati musik elektronik akan menyukai trek ini.

onerepublic

Dua lagu berikutnya, “Better” dan “Born,” memanfaatkan gaya yang berbeda dari teknik musik alternatif. “Better” terdiri dari teknik staccato dan pengucapan lirik cepat ala Ryan Tedder. Lagu ini memadukan musik alternatif dan hip-hop, memberikan nuansa band Twenty One Pilots. Di baris pembuka dari “Born,” suara Tedder terdengar agak jauh dan teredam. Lagu ini seperti lagu alternatif kebanyakan, tapi ada tambahan elemen pop.

Lagu kesembilan di Oh My My, “Fingertips,” dimulai dengan instrumen yang terdengar seperti gitar. Lagu ini dibongkar untuk membawa perhatian pada cerita liris: “. Kami sedang berlari dari gelombang di air dangkal / Mencoba untuk menjaga diri kita sendiri dan keluar dari pandangan” Tedder menyanyikan sebagian besar dengan tenik falsetto, memberikan nafas pada nada vokal. Meskipun menggunakan teknik falsetto untuk trek ini, Tedder masih menggunakan artikulasi yang jelas.

“Human” dan “Lift Me Up” yang sangat mirip dalam hal gaya. Kedua lagu bergaya optimis dan berulang-ulang. Lirik yang catchy, tapi sulit untuk fokus pada lirik dengan jumlah instrumen yang digunakan sepanjang lagu. Hal ini jelas, Onerepublic ingin pendengar untuk memberikan perhatian lebih pada bagian ketukan.

Kolaborasi ketiga dan terakhir di album ini dengan penyanyi dan produser Santigold pada lagu “NbHD”/ Neighbourhood. “NbHD” adalah sebuah lagu catchy dengan beat yang kuat. Ini adalah lagu untuk berjingkrak-jingkrak karena penuh rasa gembira.

Mereka menjaga denyut nadi dengan dua lagu berikutnya. “Wherever I Go” dan “All This Things” yang mirip dengan lagu-lagu dari album mereka sebelumnya, seperti “Love Runs Out” dan “Preachers.” Album ini ditutup dengan bahagia, lagu “Heaven” membawa Oh My My penuh lingkaran dengan memasukkan aspek dari lagu pertama dari album, seperti ketukan yang sama.

Jangan lupakan trek lagu “Colors” pada album “Oh My My” Target deluxe edition, lagu  yang menurut saya terbaik di dalam album “Oh My My” ini, membawa kita kembali ke nuansa lagu-lagu Onerepublic pada album pertama mereka. Dengan tambahan nuansa Paradise-nya Coldplay pada bagian reff, memberikan kualitas yang menyentuh pada lagu ini.

OneRepublic menggunakan banyak genre music dalam album “Oh My My”. Band ini tidak membatasi diri untuk pada genre pop-rock mereka telah digunakan pada album sebelumnya. Sebaliknya, mereka berhasil mengubah suara mereka untuk mencakup berbagai jenis musik, yang membuat pendengar menikmati cara bermusik Onerepublic sekarang dan nuansa music yang lebih berwarna

Simpan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*