Ebook: Coffee Obsession – Obsesi Minum Kopi

Kopi, mungkin bukan suatu hal yang asing di telinga kita. Mulai dari warkop, cafe dan coffee shop menyajikan kopi sebagai menu utamanya. Maka tidak salah, ketika Anette Moldvaer menulis buku Coffee Obsession, karena ternyata kebutuhan untuk sekedar ngopi telah menjadi gaya hidup masa kini, sehingga menarik untuk dijadikan objek penulisan buku.

Asal Mula Penyebaran Kopi

Kira-kira kopi berasal dari mana ya? Well, kopi ditemukan kira-kira 1.000 tahun yang lalu, dibawa budak-budak Afrika menuju Yaman. Tak ada yang tahu pasti, tetapi banyak yang percaya bahwa asal-usul kopi Arabika berasal dari Wilayah Sudan Bagian Selatan dan Ethiopia sedangkan jenis Robusta berasal dari Afrika Barat.

Namun, di awal 1600-an, dikisahkan ada seorang sufi yang menyelundupkan benih kopi dari Yaman ke India. Pedagang Belanda juga menyelundupkan benih itu untuk ditanam di Amsterdam.

kopi

Koloni Karibia dan Amerika Selatan mulai menanam kopi pada awal 1700-an. Pada tahun 1727, Portugis mengirim seorang perwira angkatan laut dari Brasil ke Guyana untuk membawa kembali benih kopi. Pada awalnya sempat mengalami penolakan, tetapi ia tak kurang akal, lantas Ia merayu istri Gubernur Guyana, dan bekerja sama menyelundupkan benih itu.

Dari Amerika Selatan dan Karibia, kopi menyebar ke Amerika Tengah dan Meksiko. Menjelang akhir tahun 1800-an, bibit kopi dikembalikan lagi ke koloni di Afrika. Dan hingga hari ini, produksinya sudah menyebar hingga seantero Asia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*