Supaya Kerjaan Tuntas, Lakukan 10 Hal Produktif ini

Dalam hidup kita sehari-hari, kita sering berkomitmen untuk lebih produktif dalam bekerja. Akan tetapi terkadang pekerjaan yang kita selesaikan tidak semuanya bisa terselesaikan. Seringkali kita tidak menyangka bahwa waktu berjalan sangat cepat dan kita mulai sadar kemana waktu terbuang dan untuk apa saja?

Yang jadi pertanyaan, kenapa kita bertekad untuk mencapai sepuluh tugas berbeda hanya sanggup menyelesaikan dua pekerjaan saja? Pernahkah Anda merasakan jadwal yang ada seperti diluar kendali dengan pekerjaan terus bertambah sampai titik di mana tampaknya hampir mustahil untuk diselesaikan.

Sebenarnya tidak sulit untuk mengatur waktu seefektif mungkin dan kenyataannya jauh lebih mudah daripada yang kita sadari. Berikut 10 tips produktivitas sederhana dan strategi yang efektif dalam menempatkan diri Anda sesuai perintah dan membantu Anda mencapai tujuan pribadi maupun pekerjaan.

1. Tentukan prioritas

Ini adalah langkah paling penting karena menentukan skala prioritas pada bagian mana yang harus didahulukan. Anda harus menentukan hal apa yang penting dan pada bagian mana prioritas Anda. Asumsikan anda mengetahui mana hal yang paling substansial, kemudian Anda dapat membuat hirarki tugas berdasarkan tingkat signifikansi tersebut.

2. Isi waktu luang Anda

Memutuskan apa perlu diselesaikan dan menetapkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya, meskipun ada banyak kegiatan pada hari yang berebeda untuk diselesaikan. Sering kali menyelesaikan tugas menjadi terasa lebih mudah daripada memutuskan apakah dikerjakan atau tidak.

Memutuskan bagian mana dari tugas yang hendak diselesaikan adalah weweang Anda, dan dahulukan itu yang pertama. Melakukan hal tersebut akan membantu Anda menyelesaikan tugas lainnya lebih cepat.

4. Hindari perselisihan

Hindari tempat yang bising atau ramai, tempat di mana banyak orang berkumpul, dan matikan semua pemberitahuan. Sehingga pikiran kita menjadi fokus dan pada akhirnya kita menjadi lebih produktif lagi

5. Buatlah daftar

Daftar adalah alat yang bagus yang membuat kita menjadi lebih terorganisir dan dapat digunakan di tempat kerja atau di rumah. Memprioritaskan pekerjaan berdasarkan kategori dan mengambil keputusan akan tindakan yang dibutuhkan segera. Kemudian berpindah ke tugas lainnya  yang mudah untuk diselesaikan, tapi selalu yakin tetap fokus terhadap tenggat waktu yang ditetapkan di kegiatan tersebut.

6. Gunakan manajemen waktu

Jika Anda tidak konsisten menggunakan perencananan, maka waktu yang berharga akan hilang.  Cari sebuah kalender atau aplikasi planner yang desain dan fiturnya sangat Anda sukai dan ikuti kegiatan yang sudah direncanakan setidaknya setiap pagi dan sore.

produktif

7. Tentukan Tujuan

Luangkan waktu untuk berpikir tentang rencana jangka pendek, tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Catat di secarik kertas atau media apapun itu. Letakkan ditempat yang Anda sering jumpai, atau disimpan di media yang Anda sukai.

8. Belajar bilang “Tidak”

Salah satu tips agar lebih produktif yang paling penting: Biasakan untuk mengatakan “TIDAK”. Bukan berarti kita menolak semua pekerjaan, tetapi di sini kita lebih berhati-hati daam memilah dan memilih pekerjaan yang ada. Karena bisa jadi kita menjadi tenggelam dengan pekerjaan yang menumpuk apabila selalu menyanggupi setiap pekerjaan.  Pertimbangkan tingkat kesulitan pekerjaan dan apa prioritas Anda sebelum menerima perintah pekerjaan lain dari orang lain.

9. Delegasikan Pekerjaan

Kita kadang-kadang berpikir kita sanggup mengerjakan semuanya sendiri. Tetapi di tengah jalan kita merasa kewalahan dan tidak sanggup lagi menyelesaikan tugas. Mungkin inilah saatnya kita belajar mendelegasikan sebagian pekerjaan kita baik di kantor maupun di rumah kepada orang lain sehingga pekerjaan kita dapat cepat terselesaikan.

10.  Lakukan sekarang juga

Jangan hanya bersiap untuk melakukan tetapi lakukanlah segera. Jangan biarkan waktu terbuang percuma akibat adanya keragu-raguan pada diri Anda. Buang perasaan percuma dalam melaksanakan suatu hal yang produktif, psotif dan konstruktif. Segera lakukan dan nikmati proses yang terjadi, sehingga ketika pekerjaan telah selesai maka anda akan menikmati suatu perasaan bahagia karena jerih payah Anda sendiri.

Tidak ada masalah yang tak terselesaikan. Jika kita memulai harapan dari awal, kemudian memacu dan memotivasi diri sendiri, meningkatkan efisiensi, dan menghindari gangguan, berarti kita sudah berada pada jalur yang tepat.

Jadi tentukan langkah-langkah yang Anda yakin sesuai untuk diri Anda dan lakukanlah segera!

Simpan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*